You Are Reading

0

Pengenalan Produk Telkom dan Perangkat Yang Digunakan

Unknown Sabtu, 14 Desember 2013
1.    Speedy


Speedy adalah sebuah produk yang di luncurkan oleh PT. Telkom yang mempunyai fungsi untuk fasilitas menjelajahi internet. Selain itu juga apabila pelanggan ingin memiliki produk ini pelanggan tersebut harus memasang terlebih dahulu telepon di rumah nya dengan cara mendaftarkan dan memenuhi syarat-syarat dan administrasi nya dan apabila sudah terdaftar dan sudah memasang baru produk ini dapat di pakai, produk memerlukan sebuah alat untuk dapat bekerja dan perangkat tersebut sudah di sediakan oleh PT. Telkom, adapun alat pendukungnya adalah :

  1. Modem ADSL : TP-Link, D-Link, Huawei
  2. Kabel Telepon yang langsung dari Telkom
  3. Kabel RJ-45
2.   Indihome / Seeyou TV

Produk SeeYou TV adalah sebuah produk yang digunakan merubah jaringan dari kabel telepon menjadi sebuah tampilan Video Grafik yang tinggi, SeeYou TV juga dapat memberikan banya chanel TV dari luar maupun dalam negeri, SeeYou tv dapat menampilkan kualitas gambar yang tinggi, produk SeeYou TV dapat disebut Indihome apabila pelanggan telah membeli produk telkom mulai dari Telepon, memasang Speedy dan memasang SeeYou TV, jadi apabila pelanggan ingin memasang SeeYou TV maka pelanggan harus memasang telepon, speedy, dan SeeYou TV pun dapat berfungsi.
Produk ini dapat berjalan apabila ada alat pendukung nya, dan produk ini sangat bergantung pada modem ADSL yang terpasang, modem yang ukuran transfer nya 1 MB akan berpengaruh besar kepada kualitas gambar, maka dari itu SeeYou TV dapat support apabila modem adsl yang di gunakan berukuran 3 MB,

perangkat/kebutuhan untuk membangun Seeyou TV adalah sebagai berikut :
a)      Kabel telepon yang langsung dari telkom
b)      Modem ADSL : huawey ukuran transfernya 3 MB
c)      STB Biasa untuk merubah jaringan ke tampilan Video Grafik

 Adapun untuk mnghubungkan jaringan dari telkom ke rumah pelanggan :





1.       Ruang MDF ( Main Distribution Frame )
          Ruangan ini merupakan tempat dimana jalur atau hubungan antara telkom kerumah pelanggan, di ruang MDF ini juga tempat sentral dimana mesin telkom berkerja selama 24 jam, di ruang MDF ini terdapat beberapa perangkat yang mutlak harus di ketahui di antaranya :
          A) POT
Pot adalah sebuah perangkat dimana perangkat ini digunakan sebagai patokan nomor pelanggan
                                         
           B) Primer
 Perangkat ini du gunakan sebagai terminasi akhir sebelum di salurkan ke rumah kabel yang berada di jalan-jalan tertentu.
                                                       
             C) DSLAM
Perangkat ini di gunakan untuk menggabungkan dan memisahkan sinyal data dengan saluran yang dipakai untuk mentransmisikan data. Pada perangkat DSLAM biasanya sudah terpasang SPLITTER yang berfungsi memisahkan sinyal suara dan sinyal data, dimana sinyal suara akan menuju perangkat sentral dan sinyal data akan diarahkan menuju BRAS melalui media transmisi yang bisa berbentuk  (Fiber Optic).  Selanjutnya dari BRAS akan diarahkan ke masing-masing ISP yang sudah bekerja sama dengan Telkom.
                                                                
           D) Kabel Jumper
Kabel jumper ini ialah kabel yang digunakan sebagai media transmisi terminasi di ruang MDF. Kabel ini terbagi menjadi dua macam yaitu kabel biru putih dan merah putih. Kabel biru putih merupakan kabel terminasi untuk telepon saja, sedangkan kabel merah putih sebagai kabel terminasi untuk Speedy.
                                    
           E) Tang 
Tang digunakan untuk memotong kabel jumper apabila sudah melakukan jumpering, tang ini dapat membantu proses jumpering karena kabel jumper sangat sulit untuk di potong.
            F) Jumper Tools
Tools ini berfungsi sebagai alat jumper kabel primer di MDF, pada ujung tools mirip seperti gunting dimana gunting inilah yang akan mengkoneksikan kabel ke POT
                                                            
             G) Isolir
Perangkat ini digunakan untuk memutuskan jaringan ke pelanggan apabila ada sebuah gangguan
                                                                 
             H) Mikrotes 
Perangkat ini digunakan untuk menecek nomor pelanggan dan mengecek baik atau buruk nya suatu jaringan telepon apabila terjadi gangguan
                                                            
                                          
  

      


 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Saling Berbagi