You Are Reading

0

Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Unknown Minggu, 19 Januari 2014
          Di pagi kali ini saya akan menshare kan ilmu yang di dapat di tempat prakerin saya, sayang kan kalo ilmu ga di bagi ga bakal ada manfaat nya :D nah untuk kali ini saya akan membahas tentang apa sih kelebihan dan kekurangan kabel fiber optik? untuk lebih jelas nya silahkan simak artikel ini ;)

         
         Fiber Optik adalah sebuah kabel transmisi yang di gunakan di kalangan masyarakat dan khusus nya biasa di gunakan di intansi seperti telkom, karena kabel ini memiliki transmisi lebih cepat dari pada kabel tembaga. Kabel fiber optik ini terbuat dari sebuah kaca yang lentur yang di lindungi oleh Shield yang tebal agar dapat bersifat elastis. kabel fiber optik ini juga dapat memancarkan sinyal cahaya, dan ada pertanyaan lain bagaimana cara mengetahut apabila kabel fiber optik tersebut putus? jawaban nya kita
pasangkan sebuah alat untuk mengecek kerusakan kabel fiber optik biasanya di dalam alat tersebut ada sebuah lampu berupa LED dan di pasangkan ke kabel fiber optik, apabila lampu tersebut tidak menyala sampai ujung terakhir maka kabel tersebut putus.
 
                 Untuk menyambung kan kabel fiber optik metode pekejaan nya sangat rumit, adapun alat-alat yang jarang di temukan di pasaran dan harganya pun relatif cukup mahal, alat yang di gunakan biasanya yaitu alat Supliser, alat ini bekerja untuk menyambungkan kabel fiber optik dengan bantuan laser, nah alat ini juga harganya berkisar 40 jt ke atas :D wow sekali yah :D





Kelebihan kabel fiber optik :
  • Kabel ini memiliki transmisi cukup besar karena di kabel ini tidak akan ada hambatan sedikit pun, kabel ini juga bisa di gunakan 2500 meter untuk metode transfer.
  • Kabel ini kebal terhadap panas dan kedap air, sehingga pemakaian nya akan bertahan cukup lama.
  • Kabel ini juga akan tahan lama apabila di kubur di dalam tanah
Kekurangan kabel fiber optik :
  • Mudah sekali putus apabila kita tidak hati-hati
  • Penyambungan kabel cukup sulit apabila tidak memiliki skill dasar
  • Perangkat pendukung masih terbilang mahal
  • Penginstalasian masih kurang karena masih terasa asing

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Saling Berbagi