1
CSR (Customer Service Relatiom)
CSR
adalah salah satu bidang pekerjaan yang berada di plasa telkom pusat maupun
cabang. CSR ini berada di bagian depan atau di ruang plasa yang melayani para
pelanggan yang ingin mengguanakan produk telkom. Selain itu juga CSR juga
melakukan penginputan data pelanggan yang berlangganan produk telkom. Proses
penginputan ini berfungsi untuk menyimpan data pelanggan, selain itu juga
penginputan data ini untuk proses pemberian nomor telepon dan pemberian nomor
datek port untuk di jumperkan / dihubungkan ke rumah pelanggan.
2
CA (Collecting Agent)
CA
/ Collecting Agent adalah sebuah bidang pekerjaan yang berada di PT. Telkom
Indonesia yang bertugas di bidang keuangan, CA juga memiliki tugas yaitu untuk
melakukan monitoring penggunaan produk telkom yang terpasang di rumah
pelanggan. Biaya tagihan akan muncul apabila pelanggan sedang mengguanakan
produk misal nya telepon atau speedy. Untuk perhitungan biayanya di hitung dari
segi waktu pemakaian nya dan data pemakaian tersebut akan tersimpan di sistem
komputer menggunakan aplikasi.
3
Setter
Setter
adalah seorang pekerja yang tugasnya menginstalasi dan setting modem speedy agar dapat berfungsi dengan baik.
Setter bertanggung jawab besar di bidang pemasangan speedy dan setter juga yang
harus bisa mengatasi gangguan speedy yang di alami oleh pelanggan. Gangguan ini
dapat berada pada faktor sistem, pengguna, dan faktor jaringan. Selain itu juga
setter mempunyai tugas yaitu mengclose modem agar dapat terbaca di sistem. Karena
kalau tidak terbaca di sistem maka
modem tersebut tidak layak untuk di pakai karena tidak ada Usage (pengguanaan modem di pelanggan) dan tidak akan ada billing pembayaran apabila pelanggan memakai modem tersebut.
modem tersebut tidak layak untuk di pakai karena tidak ada Usage (pengguanaan modem di pelanggan) dan tidak akan ada billing pembayaran apabila pelanggan memakai modem tersebut.
4
POJ (Petugas Oprasional Jaringan)
POJ
adalah Mitra dari telkom yang mempunyai tugas melakukan pengecekan dan
penanganan gangguan di lapangan. Selain itu juga petugas POJ melakukan
penarikan kabel ke rumah pelanggan apabila ada pemasangan baru. Penarikan Kabel
ini dilakukan mulai dari Rumak Kabel (RK) terdekat dengan pelanggan yang
melakukan pemasangan baru.
Untuk
penarikan kabel ini di lakukan mulai dari RK, lalu jaringan di kirimkan
menggunakan kabel sekunder yang ditanam di tanah dan akan tersambung ke kotak
DP (distribution Point). Setelah dari DP lalu melakukan penarikan kabel
menggunakan kabel DW (Drop Wire) untuk menyambungkan ke rumah pelanggan.
Apabila kabel DW sudah di tarik dari kotak DP petugas lapangan akan melakukan
pemasangan splitter yang berfungsi untuk mengubah sinyal suara maupun data.
5
MDF
(Main Distribution Point)
MDF
adalah sebuah ruangan yang memiliki alat produksi jaringan telepon dan jaringan
internet. MDF ini juga sebagai jembatan yang menghubungkan kantor telkom ke
pelanggan agar dapat terhubung dan juga untuk melakukan pengiriman jaringan
telepon maupun speedy.
MDF ini juga dijadikan
kunci jaringan karena MDF ini mampu memproduksi jaringan dan apabila salah satu
alat produksi nya tidak befungsi dengan baik maka jaringan telepon dan internet
pun tidak akan berfungsi dengan baik.
4 komentar:
mantap
usahakan ada foto
SMK jurusan rekayasa perangkat lunak (RPL)
bisah masuk kerja telkom?
Apa msh ada lowongan
Posting Komentar