You Are Reading

4

Bidang Pekerjaan Telkom

Unknown Jumat, 28 Februari 2014
1 CSR (Customer Service Relatiom)
CSR adalah salah satu bidang pekerjaan yang berada di plasa telkom pusat maupun cabang. CSR ini berada di bagian depan atau di ruang plasa yang melayani para pelanggan yang ingin mengguanakan produk telkom. Selain itu juga CSR juga melakukan penginputan data pelanggan yang berlangganan produk telkom. Proses penginputan ini berfungsi untuk menyimpan data pelanggan, selain itu juga penginputan data ini untuk proses pemberian nomor telepon dan pemberian nomor datek port untuk di jumperkan / dihubungkan ke rumah pelanggan.

2 CA (Collecting Agent)
CA / Collecting Agent adalah sebuah bidang pekerjaan yang berada di PT. Telkom Indonesia yang bertugas di bidang keuangan, CA juga memiliki tugas yaitu untuk melakukan monitoring penggunaan produk telkom yang terpasang di rumah pelanggan. Biaya tagihan akan muncul apabila pelanggan sedang mengguanakan produk misal nya telepon atau speedy. Untuk perhitungan biayanya di hitung dari segi waktu pemakaian nya dan data pemakaian tersebut akan tersimpan di sistem komputer menggunakan aplikasi.

3 Setter
Setter adalah seorang pekerja yang tugasnya menginstalasi dan setting  modem speedy agar dapat berfungsi dengan baik. Setter bertanggung jawab besar di bidang pemasangan speedy dan setter juga yang harus bisa mengatasi gangguan speedy yang di alami oleh pelanggan. Gangguan ini dapat berada pada faktor sistem, pengguna, dan faktor jaringan. Selain itu juga setter mempunyai tugas yaitu mengclose modem agar dapat terbaca di sistem. Karena kalau tidak terbaca di sistem maka
modem tersebut tidak layak untuk di pakai karena tidak ada Usage (pengguanaan modem di pelanggan) dan tidak akan ada billing pembayaran apabila pelanggan memakai modem tersebut.

4 POJ (Petugas Oprasional Jaringan)
POJ adalah Mitra dari telkom yang mempunyai tugas melakukan pengecekan dan penanganan gangguan di lapangan. Selain itu juga petugas POJ melakukan penarikan kabel ke rumah pelanggan apabila ada pemasangan baru. Penarikan Kabel ini dilakukan mulai dari Rumak Kabel (RK) terdekat dengan pelanggan yang melakukan pemasangan baru.
Untuk penarikan kabel ini di lakukan mulai dari RK, lalu jaringan di kirimkan menggunakan kabel sekunder yang ditanam di tanah dan akan tersambung ke kotak DP (distribution Point). Setelah dari DP lalu melakukan penarikan kabel menggunakan kabel DW (Drop Wire) untuk menyambungkan ke rumah pelanggan. Apabila kabel DW sudah di tarik dari kotak DP petugas lapangan akan melakukan pemasangan splitter yang berfungsi untuk mengubah sinyal suara maupun data.

5   MDF (Main Distribution Point)
MDF adalah sebuah ruangan yang memiliki alat produksi jaringan telepon dan jaringan internet. MDF ini juga sebagai jembatan yang menghubungkan kantor telkom ke pelanggan agar dapat terhubung dan juga untuk melakukan pengiriman jaringan telepon maupun speedy.

MDF ini juga dijadikan kunci jaringan karena MDF ini mampu memproduksi jaringan dan apabila salah satu alat produksi nya tidak befungsi dengan baik maka jaringan telepon dan internet pun tidak akan berfungsi dengan baik.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

mantap

haqmil wahyudi mengatakan...

usahakan ada foto

Jonathannael Benerghes Putramasih mengatakan...

SMK jurusan rekayasa perangkat lunak (RPL)
bisah masuk kerja telkom?

Sahrul mengatakan...

Apa msh ada lowongan

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Saling Berbagi